Sejarah The Panas Dalam Band

Sejarah The Panas Dalam Band, The Panasdalam Band adalah sebuah band, meskipun kami lebih suka menyebutnya The Panasdalam Bank, karena kerasa lebih banyak uangnya. Dan kenyataannya uang kami ternyata lebuh banyak lagi!.

Sejarah The Panas Dalam Band
The Panas Dalam Band
Di sihir menjadi band oleh Imam Besar The Panasdalam Serikat pada tahun 2005 supaya menjadi band resmi negara republik The Panasdalam Serikat, yang bisa di utus untuk manggung bersama band band lainnya yang ada di muka bumi ini, dengan tujuan mendapatkan Konsumsi yang di sediakan oleh panitia acara!

Personilnya terdiri dari orang orang yang masih hidup, di antaranya Erwin sebagai Vocal yang rumahnya di pinggiran kota dan sering banjir dan suka pakai topi koboi, Nawa sebagai gitaris yang matanya tipis banyak teman wanitanya tapi sedikit pacarnya, Roy sebagai Drumer yang durhaka pada orang tuanya dan masih tinggal di rumah pohon di kawasan Hutan lindung negara tetangga, lalu ada Alga sebagai Vocalis pembantu yang gemar sekali membantu erwin selagi banjir lewat doa2 nya, Ada Nandang sebagai Bassis yang akan melahirkan,lalu ada Budi Soleh yang terkenal di Laswi dan terakhir managernya adalah Budi M yang biasa kami panggil Budi...

Seandainya setiap grup musik punya tujuan membangkitkan musik Indonesia, maka tujuan dari The Panasdalam adalah dengan media musik kami bermaksud menunjukan kelemahan kami dalam bermusik. Agar orang2 yang merasa lemah skill musiknya akan menjadi punya teman.

More About The PANASDALAM


Sedangkan untuk orang2 lemah imannya tentu akan sulit dikendalikan,jangankan mau tunduk kepada kami, kepada Allah juga mereka berani melawan, jadi kami pikir lebih baik fokus pada urusan menghafal syair lagu yang kadang2 suka lupa pas dinyanyikan di atas panggung.

genre musik The Panasdalam adalah genre musik untuk alam, meskipun pada nyatanya lebih sering semau gue. Smau gue itu bahasa jakarta, bahasa Spanyolnya kami tidak tau, tapi dengan cara itu kami jadi enak dan tentram, bebas dan tidak merasa ditawan oleh siapapun. Apakah orang suka atau tidak dengan lagu dan penampilan kami itu jelas urusan mereka, mereka harus bertanggung jawab kenapa mereka suka dan kenapa tidak.

jangan lagi hal semacam itu menjadi beban untuk kami pikirkan. Masih ada hal penting untuk kami urus, yaitu bagai mana mencari cara agar istri dan pacar kami mau kasih izin kami untuk manggung dan latihan.

Apabila ada orang yang tertawa dengan syair kami dan penampilan kami tapi sebenarnya kami tidak melawak, apalagi jelas kami sangat menghindar dari terjerumus menjadi badut yang di tertawakan orang seperti monyet pergi ke pasar.

Mereka tertawa sebenarnya karena mereka menertawakan diri sendiri yang mungkin merasa tersindir oleh kandungan dari syair2 lagu kami.

Demikianlah sedikit hal tentang The Panasdalam Band, Kalo tidak berkenan sebenarnya masih bisa dipaksakan untuk berubah jadi berkenan agar dunia tetap dipenuhi kebijaksanaan !!!


“Tetaplah semangat, jangan lupa makan. Bujuklah temanmu, kuasai dunia. Kuasai lingkungan, sebarkan ajaran. Dunia yang asyik, nakal wibawa..Jayalah selalu the Panasdalam, hebatlah pengikutnya..Jayalah selalu the Panasdalam, mantaplah penghuninya..Buatlah tetangga, ingin seperti kita, luwes lancar orsinil dan tahan lama. Buktikan pada dunia, siapakah kita. Jangan jadi the losser, tapi the winner.” (The Panasdalam ...Raya)

Penggalan syair atau lirik di atas merupakan anthem dari Negara yang memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 18 agustus 1995 di sebuah studio seni lukis, lantai dua Fakultas Seni Rupa dan Desain – Institut Teknologi Bandung (FSRD – ITB). Negara ini dipimpin oleh imam beser mereka, seorang haji yang pada waktu itu mungkin masih menyembah api dan semut tetapi sekarang tidak. Pimpinan mereka adalah haji mabrur yang sampai sekarang masih membaca kitab Wedha, Thaurat, Injil, dan buku–buku lain, serta tentunya kitab suci Al-Qur’an.

Haji mabrur itu bernama Pidi Baiq. Belakangan ada kabar bahwa gelar Haji yang melekat pada nama beliau tidak lain adalah nama marga. Dialah yang pada waktu itu berdiri diatas meja persegi empat dan membacakan teks proklamasi. Negara yang memang segitulah luas wilayahnya, tetapi penuh dengan ruh sukacita didalamnya. Negara yang bila susah maka semua susah, negara yang bila senang, semua sama merasakannya. Negara ini memang satu-satunya di dunia. Kepala negaranya hafal semua nama penduduknya.

Negara Kesatuan Republik The Panasdalam yang mengaku ingin berak sejak 1995. Namun pada tahun 1999 Republik The Panasdalam bergabung lagi ke Negara Indonesia dan mengubah namanya menjadi Daerah Istimewa The Panasdalam. Perubahan yang terakhir terjadi pada tahun 2007, namun ternyata berubah lagi menjadi The Panasdalam Kingdom, “Kingdom of have fun”, hingga sekarang.

The Panasdalam Kingdom pada awal terbentuknya adalah bentuk protes dan kekecewaan sekelompok mahasiswa terhadap pemerintah, yaitu pemerintahan Orde Baru pada saat itu. Ketika memproklamirkan Negaranya, Pidi baiq mengatakan bahwa, “Mencintai sebuah negara yang bukan lagi menjadi milik bangsanya, tetapi sudah menjadi milik sebuah keluarga di Jakarta, adalah mencintai siapa yang menjadi pemiliknya. Dan apabila kita membencinya, ini celaka maka kita akan dengan begitu mudah dianggap sudah membenci siapa pemiliknya, lalu ditangkap, lalu kena skorsing.”

Berikut adalah beberapa keterangan dari Haji Pidi Baiq yang disadap dalam diskusi rahasia diantara jemaat NKR The Panasdalam:

18 Agustus 1995, sebuah proklamasi Rutinitas kampus?

Saat itu era pemerintahan Orde Baru, penggagas awal berdirinya negara terbawa suasana yang pada saat itu kemudian memproklamirkan NKR The Panasdalam

Argumentum in Absurdum?

Slogan ini mencerminkan struktur negara yang terdiri dari lambang, kepala negara, legislatif, demografi, agama, mata uang, motto resmi & tidak resmi, serta anthem. Selain itu slogan ini merupakan deskripsi NKR The Panasdalam selama periode 1995 s/d 2007.

Berbagai unit, perusahaan, dan perguruan tinggi imajiner yang menjadi pusat pergerakannya?

Ada The Panasdalam Institute dan Pidi Baiq University. Sementara itu ada juga Radio Kerajaan The Panasdalam, Multilevel Silaturahmi The Panasdalam, Kedutaan Besar The Panasdalam, Alun-alun The Panasdalam, serta Pusat kebudayaan The Panasdalam.

The Panasdalam Kaumusikurangajarasain?

Refleksi dari dinamika masa kuliah & sekarang (mulai dari 1997 s/d sekarang) yang dirangkum dalam beberapa album (Only Ninja Can Stop Me Now, Merunduk, dan Only Almarhum Ninja Can Stop My Tamborine). Pekerjaan kami menggali makna disetiap lagu-lagu the panasdalam.

Siapakah Haji Pidi Baiq (Imam besar The Panasdalam)?

Pandangan pribadi seorang Pidi Baiq: Hidup adalah bersenang-senang dan bermain-main. Selain itu hidup juga tentang menyelami realitas dan budaya massa yang ikut memicu tercetusnya Drunken Monster Institute dan gerakan toleransi dalam beragama yang termanifestasi dalam institusi Front Pembela Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan Atheis.