Dream Theatre Tetap Memikat Tanpa Mike Portnoy

Mike Portnoy, drumer karismatik itu, hanya tinggal kenangan. Ia memutuskan hengkang pada 2010, silam, kemudian bergabung bersama Sevenfold. Namun, tanpa Portnoy, rupanya tidak membuat Dream Theater kehilangan magnet.

Ribuan orang, yang didominasi pria mengenakan busana hitam-hitam berkerumun di Mata Elang International Stadium (MEIS), Pantai Karnaval Ancol, Sabtu, (21/4/2012), malam. Tidak sedikit pula mengantre untuk mendapatkan tiket yang masih tersisa di stand tiket box. Di antara kerumunan, para calo juga berusaha mencari keuntungan. 

Malam ini, Dream Theatre dengan formasi James LaBrie (lead vokal), John Petruci (gitar), Jordan Rudess (keyboard), John Myung (bas), dan Mike Mangini (drum), tampil di Indonesia untuk kali pertama dalam rangkaian tur konser bertajuk  "A Dramatic Turn of Events". Tajuk yang sama untuk album kesebelas mereka.

Momen tersebut sekaligus memperkenalkan Mike Mangini, sebagai drumer yang menggantikan Portnoy. Maningi lolos dalam sebuah audisi ketat dengan menyingkirkan drumer-drumer kelas dunia. Peristiwa itu diunduh di YouTube kemudian mendapatkan perhatian banyak orang.

Bagi para pecinta Dream Theatre, tentu saja momen tersebut sangat bersejarah. Mereka memang sudah lama memendam kerinduannya menyaksikan Petruci dan kawan-kawan membawakan komposisi lawas seperti "Full Me Under", "A Change Of Seasons", "Spirit Carries On", "6:00", "In The Name Of God", dan "Beneath The Surface".

Album "A Dramatic Turn of Events" juga sangat dinantikan. Sebab, album itu dinilai  merepresentasikan Dream Theatre yang sesungguhnya. Mereka tampil dengan elemen progresif, dalam dengan lirik-lirik yang kuat. Namun, mereka tetap menyuguhkan lagu balada dengan lirik cinta yang sangat menggetarkan.

Karena itu, sang keyboardis Rudess menyampaikan komentarnya kepada Petruci sembari berseloroh. "I often joke with John Petruci about how he can't just write straight love songs," ucap Rudess.

Dream Theatre akan membawakan 17 lagu dalam aksinya yang tak lama lagi akan dimulai. Dipastikan mereka membawakan lagu-lagu yang terdapat dalam album "A Dramatic Turn of Events yang dirilis tahun ini. Berikut sejumlah hits di album-album sebelumnya.

Petruci mengatakan sejauh ini bandnya berada di track yang tepat. Ia dan teman-temannya sangat menikmati perjalanan 25 tahun karirnya dalam kancah musik rock dunia.

"We had a definite mission that we were on from the moments before we walked into the studio with our whole tour and upcoming album. I feel great about it. I feel like we're in really great headspace," tandas Petruci.


Sumber