Musik Sebagai Media Komunikasi

Musik merupakan bagian dari seni yang menggunakan bunyi sebagai media penciptaannya. Tanpa musik dunia sepi, hampa dan monoton karena musik mampu mencairkan suasana, merelaksasi hati serta menstimulasi pikiran manusia sebagai pemeran cerita kehidupan. Musik tak sekedar memberikan efek hiburan, tetapi mampu memberikan makna untuk membangkitkan gairah dan spirit hidup untuk memberdayakan dan memaknai hidup.

Mendengarkan musik, menghayati dan menikmatinya merupakan aktivitas yang menyenangkan dan bisa membuat kita nyaman. Efek inilah yang secara medis dan psikologis menimbulkan reaksi positif pada kondisi fisik manusia, termasuk kita.

Musik sekarang juga merupakan bagian dari dunia komersial, banyak orang sangat mementingkan bintang musik hari ini, begitu banyak sehingga mereka dapat mencerminkan atau mencoba untuk mengubah opini publik, musik sering digunakan sebagai cara untuk mengekspresikan protes pada saat demo, dan sekarang tidak ada bencana di dunia yang tidak mendapatkan lagu sendiri untuk mengumpulkan uang atau kesadaran.

Merekapun mengirim teman dengan link lagu melalui internet, atau membuat CD kompilasi untuk seseorang yang mereka suka, mereka menggunakan musik sebagai bentuk komunikasi, dan Anda pasti bisa belajar banyak tentang seseorang dari jenis musik yang mereka dengarkan.

Banyak manfaat musik lainnya dan beraneka ragam bunyi, seperti klakson maupun mesin sepeda motor dan mobil, handphone, radio, televisi, tape recorder, dan sebagainya senantiasa mengerumuni kita, tidak semuanya dapat dianggap sebagai musik karena sebuah karya musik harus memenuhi syarat-syarat tertentu yang merupakan suatu sistem yang ditopang oleh berbagai komponen seperti melodi, harmoni, ritme, timbre (warna suara), tempo, dinamika, dan bentuk.

Dan biasanya karya-karya seseorang membuat musik sesuai dengan apa yang mereka rasakan dan mereka fikirkan sesuai dengan suasana hati mereka.


Sumber